Sabtu, 07 November 2015

Tugas 2


1.Apa yang dimaksud dengan perusahaan dengan lingkungan perusahaan? Berikan contoh maksimal 2!


Perusahaan Adalah suatu unit kegiatan yang melakukan aktivitas pengolahan aktivitas pengolahan faktor-faktor produksi untuk menyediakan barang dan jasa bagi masyarakat, mendistribusi serta melakukan upaya lain dengan tujuan memperoleh keuntungan dan memuaskan kebutuhan masyarakat. Disebut juga suatu unit kegiatan ekonomi yang di organisasikan dan dijalankan sebagai organisasi produksi yang tujuannya untuk menggunakan dan mengkoordinir sumber-sumber ekonomi dengan tujuan menyediakan barang dan jasa yang bisa memuaskan kebutuhan dengan cara yang menguntungkan. Contoh : Perusahaan dagang, perusahaan jasa, dan perusahaan manufaktur.


• Lingkungan Perusahaan
Lingkungan dapat diartikan sebagai keseluruhan dari factor-faktor ekstern yang mempengaruhi perusahaan baik organisasi maupun kegiatannya. Faktor-faktor yang mempengaruhi perusahaan tersebut adalah luas dan banyak ragamnya, termasuk aspek-aspek ekonomi, politik, social, etika-hukum, dan ekologi/fisik dan sebagainya.
Contoh lingkungan perusahaan : lingkungan eksternal dan internal, lingkungan eksternal terbagi menjadi lingkungan eksternal makro dan mikro.
a. Lingkungan Eksternal
Lingkungan eksternal perusahaan yang berpengaruh tidak langsung terhadap kegiatan perusaan. Lingkungan eksternal perusahaan dapat dibedakan menjadi :

Lingkungan eksternal makro
Adalah lingkungan eksternal yang berpengaruh tidak langsung terhadap kegiatan usaha. Contoh :
Ø Keadaan alam => SDA, lingkungan.
Ø Politik dan hankam => kehidupan operasional perusahaan sangat terpengaruh oleh politik dan hankam Negara dimana perusahaan berada => menciptakan.
Ø Hukum
Ø Perekonomian
Ø Pendidikan dan kebudayaan
Ø Social dan budaya
Ø Kependudukan
Ø Hubungan internasional.

Lingkungan eksternal mikro
Adalah lingkungan eksternal yang pengaruh langsung terhadap kegiatan usaha. Contoh :
Ø Pemasok / supplier : yang menunjang kelangsungan operasi perusahaan.
Ø Perantara, misalnya distribotur, pengecer yang berperan dalam pendistribusian hasil-hasil produksi ke konsumen.
o   Teknologi : yang berkaitan dengan perkembangan proses kerja, peralatan metode, dll.
Ø Pasar, sebagai sasaran dari produk yang dihasilkan perusahaan.

b. Lingkungan Internal
Adalah faktor-faktor yang berada dalam kegiatan produksi dan langsung mempengaruhi hasil produksi.
Contoh :
Ø Tenaga kerja
Ø Peralatan dan mesin
Ø Permodalan (pemilik, investor, pengelolaan dana)
Ø Bahan mentah, bahan setengah jadi, pergudangan
Ø System informasi dan administrasi sebagai acuan pengambilan keputusan.

2. Jelaskan perbedaan antara letak dan tempat perusahaan ? contohnya minimal 3 ?

Letak Perusahaan
Letak perusahaan adalah tempat di mana perusahaan melakukan kegiatan bisnisnya dan tempat perusahaan melakukan kegiatan fisik/pabrik dipengaruhi oleh factor ekonomi untuk efisiensi yang berkaitan dengan biaya.Letak perusahaan tidak mempunyai pengertian yang sama dengan kedudukan perusahaan. Persoalan tentang pemilihan letak perusahaan bukan saja timbul sewaktu mendirikan perusahaan, tetapi juga sewaktu perusahaan sudah menjalankan kegiatan bisnisnya.
Contoh Letak perusahaan dapat dibedakan menjadi 4 macam, yaitu sebagai berikut:
     • Letak perusahaan yang terkait pada alam
Pada umumnya karena tersediaan dan kemudahaan bahan baku.Letak perusahaan ini sangat ditentukan oleh sumber-sumber alam,jadi tidak dapat ditentukan oleh manusia : contoh ,usaha pertanian,pertambangan,emas,perusahaan timah dan minyak bumi.
     • Letak perusahaan berdasarkan sejarah
Letak perusahaan ini hanya dapat dijelaskan dengan adanya sejarah dilokasi itu dan perusahaan ini menjalankan aktivitasnya di suatu daerah tertentu karena hanya dapat dijelaskan berdasarkan sejarah. Contoh kerajinan batik di daerah surakarta dan jogjakarta.Hal ini disebabkan dulu seni membatik ini dimulai dari para wanita dalam kraton.
     • Letak perusahaan yang ditetapkan oleh pemerintah
Dalam hal ini pemerintahlah yang menentukan dimana perusahaan menjalankan aktivitasnya.Hal ini agar masyarakat disekitar lokasi itu tidak merasa tergangggu karena adanya perusahaan itu. Contoh : perusahaan kimia -> limbah dampaknya dapat ditekan serendah mungkin.
     • Letak perusahaan yang dipengaruhi oleh faktor-faktor ekonomi.

Pada umumnya jenis perusahaan ini bersifat industry adalah ketersediaan bahan mentah,tenaga kerja,tenaga air,modal,transportasi,kedekatan dengan pasar,dan kesesuaian iklim. Disini ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan dalam menentukan letak perusahaan:
1. Dekat dengan bahan baku
Contoh : pabrik gula, pabrik semen
2. Dekat dengan pasar
Contoh : pabrik roti (Bakery), rumah makan dan juga perusahaan jasa seperti Bank/Asuransi.
3. Dekat dengan pemasok tenaga kerja
Contoh : pabrik rokok, pabrik kembang gula.
4. Dekat dengan penyedia sumber tenaga/energy
Contoh : pabrik peleburan bijih besi, aluminium dan baja.
5. Iklim
Contoh : pabrik the, pemintalan kapas, industri jamur.
6. Ongkos transport
Contoh : Misalkan pabrik mobil, sangat membutuhkan lancarnya transportasi. Apabila jalan-jalan yang akan dilalui produk perusahaan ke konsumen sudah baik, maka diharapkan ongkos transportnya juga akan menjadi rendah.
7. Besarnya suplai modal
Contoh : Perusahaan yang membutuhkan modal untuk mengembangkan usahanya, cenderung akan memilih tempat dimana penananman modal cukup besar disertai tingkat bunga yang cukup rendah.


Tempat perusahaan
Tempat perusahaan adalah kantor pusat perusahaan tersebut. Tempat kedudukan perusahaan pada umumnya dipengaruhi faktor kelancaran hubungan dengan lembaga-lembaga lain, seperti lembaga pemerintah, lembaga keuangan, pelanggan, dan sebagainya.
Contohnya:
     a. Tempat perusahaan yang ditetapkan pemerintah
Tempat ini sudah ditetapkan dan tidak bisa seenaknya membangun perusahaan di luar lokasi yang telah ditentukan. Contohnya adalah seperti kawasan industri cikarang, pulo gadung, dan lain sebagainya
     b. Tempat perusahaan yang mengikuti sejarah
Tempa t perusahaan yang dipilih biasanya memiliki nilai sejarah tertentu yang dapat memberikan pengaruh pada kegiatan bisnis. Misalnya seperti membangun perusahaan udang di cirebon yang merupakan kota udang atau membangun usaha pendidikan di yogyakarta yang telah terkenal sebagai kota pelajar.
     c. Tempat perusahaan yang mengikuti kondisi alam
Tempat perusahaan yang tidak bisa dipilih-pilih karena sudah dipilihkan oleh alam. Contoh : Tambang emas di cikotok, tambang aspal di buton, tambang gas alam di bontang kaltim, dan lain sebagainya.
     d. Tempat perusahaan yang mengikuti faktor-faktor ekonomi
Tempat perusahaan jenis ini pemilihannya dipengaruhi oleh banyak faktor ekonomi seperti faktor perusahaan dan lembaga social.

3. Apa yang membedakan perusahaan:

A.   Dari lembaga social contoh maksimal 5 perbedaan ?

1.      Perusahaan Adalah suatu unit kegiatan yang melakukan aktivitas pengolahan aktivitas pengolahan faktor-faktor produksi untuk menyediakan barang dan jasa bagi masyarakat, mendistribusi serta melakukan uapaya lain dengan tujuan memperoleh keuntungan dan memuaskan kebutuhan masyarakat. Contoh : Perusahaan dagang, perusahaan jasa, dan perusahaan manufaktur.
Tujuan didirikannya suatu Perusahaan
Tujuan dibentuknya Perusahaan dibedakan menjadi dua yaitu :
a) Tujuan Ekonomis
Berkenaan dengan upaya perusahaan untuk mempertahankan eksistensinya.
Contoh : Menciptakan laba, pelanggan, keinginan konsumen, tenaga produk, kualitas, harga, kuantitas, pelanggan (inovatif).
b) Tujuan Sosial
Perusahaan memperhatikan keinginan investor, karyawan, penyedia, faktor-faktor produksi, maupun masyarakat luas.
Kedua tujuan tersebut saling mendukung untuk mencapai tujuan utama perusahaan, yaitu memberi kepuasan kepada keinginan konsumen ataupun pelanggan.

2.Lembaga social
Adalah organisasi dalam bentuk kesadaran sosial yang dibentuk dan bertujuan untuk dapat melayani masyarakat luas sesuai dengan bidangnya, dimana organisasi sosial mendapatkan pemasukan atau modal yang berasal dari sumbangan, hibah, atau subsidi dari pemerintah dan dermawan yang menjadi sumber pendapatannya.ketersedian tenaga kerja, faktor kedekatan dengan pasar, ketersediaan bahan baku, dan lain-lain. Contoh : kehidupan keluarga, RT, yayasan sosial, panti asuhan, koperasi, dan sebagainya
.

B. Kalau disuruh memilih untuk perkembangan karir anda, yang mana anda pilih perusahaan atau lembaga sosial ? jelaskan alasanya maksimal 50 kata!
Saya memilih perusahaan karena ingin menerapkan ilmu dan kemampuan yang telah dimiliki dengan terus belajar mengenai kemajuan teknologi yang ada di perusahaan tersebut. Yang dapat membuat saya akan selalu belajar hal baru. Dan karena adanya kesempatan memperoleh jenjang karir yang luas dengan dukungan program pengembangan sumber daya manusia yang baik (contoh dari hasil pengetahuan yang saya peroleh mengenai perusahaan tersebut). Sehingga diri saya akan terus berkembang. Perkembangan dunia bisnis saat ini khususnya di Indonesia yang sedang membangun ekonomi bangsanya yang tampak telah memasuki era tinggal landas sehingga mendorong kita untuk mempelajari secara lebih mendalam tentang bisnis dan kegiatannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar