Senin, 14 Maret 2016

Tugas 2

1.      Jelaskan pendapat saudara, kenapa pentingnya mempelajari perekonomian Indonesia ? Min 100 kata

                        Pentingnya mempelajari Perekonomian Indonesia :
            Menurut saya mempelajari Perekonomian Indonesia  kita dapat mengetahui apa dan bagaimana perekonomian indonesia itu sendiri. Selain itu kita dapat mengetahui tentang tahap-tahap dan permasalahan-permasalahan pembangunan ekonomi di Indonesia. Seperti  Ruang lingkup perekonomian Indonesia, Sejarah perkembangan perekonomian, system perekonomian, kemisikinan dan kesenjangan, industrialisasi dan perekmbangan sektor industri, pemikiran pemberdayaan koperasi, struktur ekonomi, kebijakan ekonomi Indonesia, otonomi daerah, kemakmuran dan kesejahteraan Rakyat. Mempelajari perekonomian Indonesia juga membuat kita  lebih mahir dan menguasai cara memanfaatkan ekonomi yang baik dan benar sehingga bisa memenuhi kebutuhan hidup. Bisa mengetahui wujud perilaku ekonomi dalam kehidupan nyata, dan timbul pemahaman dan kesadaran akan keterbatasan potensi yang dimiliki oleh manusia dan lingkungan.
            Hal ini bisa membuat masyarakat tahu mana sistem yang cocok bagi mereka. Kemudian masyarakat bisa meningkatkan kesejahteraan ekonomi keluarga dengan bekerja keras, mengatur prinsip kebutuhan pokok sosial / masyarakat, dapat melatih seseorang agar berjiwa Sosial dan bersifat teliti ( cermat ) serta ekonomis, dapat melatih seseorang agar mampu mengatur atau mengelola nilai nominal dengan baik dan bijak, berperan penting bagi suatu daerah, baik daerah kecil maupun besar seperti negara, karena ilmu ini dapat meningkatkan taraf hidup Sumber Daya Manusia, melatih seseorang agar dapat mandiri dalam berwirausaha dan mengelola kebutuhanya. Selanjutnya, masyarakat secara tidak langsung dapat membantu laju pertumbuhan ekonomi Negara. Dengan mengetahui jenis-jenis sistem ekonomi dan mempelajarinya berarti seseorang telah mencintai negaranya. Jadi,, jika kita  mencintai Negara Indonesia makan pelajarilah perekonomian Indonesia.


2.      Jelaskan pendapat saudara, kapan suatu Negara dikatakan sebagai :

a.       Suatu Negara dikatakan sebagai Negara Maju 
      Jika negara tersebut telah mampu menyeimbangkan pencapaian pembangunan yang telah dilakukan, sehingga sebagian besar tujuan pembangunan telah dapat terwujud, baik yang bersifat fisik ataupun nonfisik.
 Adalah saat negara-negara yang kaya (developed) dan negara-negara industri yang sudah . mampu/berhasil dalam berbagai bidang dan pada saat pendapatan per kapita penduduk tinggi,Penduduknya lebih banyak bekerja pada sektor industri daripada pertanian,Jumlah penduduk relatif rendah dengan tingkat kelahiran yang rendah,Kemajuan teknologi dan pembangunan ekonomi bergerak cepat,Negara maju lebih lama merasakan kemerdekaan.
             Contoh Negara maju :
                        Amerika Serikat,Jepang, dan Korea Selatan.

b.      Suatu Negara dikatakan sebagai Negara sedang berkembang :
      Jika  negara tersebut belum dapat mencapai tujuan pembangunan yang telah ditetapkan atau belum dapat menyeimbangkan pencapaian pembangunan yang telah dilakukan dan saat sebuah negara dengan rata-rata pendapatan yang rendah, infrastruktur yang relative terbelakang, dan indeks perkembangan manusia yang kurang dibandingkan dengan norma global karenakan di Indonesia masih rendahnya rata-rata riil pendapatan penduduk Indonesia, infrastruktur yang masih belum memadahi.
                        Contoh Negara sedang berkembang :
            Benua Afrika, Asia, dan Amerika Latin (Amerika   Selatan dan Amerika Tengah). Indonesia 

c.       Suatu Negara dikatakan sebagai Negara miskin
      Adalah  saat negara yang tidak mengalami pertumbuhan situasi ekonominya dan juga telah mengalami periode penurunan ekonomi ynag berkelanjutandan  keadaan di mana terjadi ketidakmampuan untuk memenuhi kebutuhan dasar seperti makanan, pakaian, tempat berlindung, pendidikan, dan kesehatan.
                        Contoh : Kyrgyzstan,Afghanistan


3.      Apa yang dimaksud dengan :
§     Pertumbuhan ekonomi adalah Pertumbuhan ekonomi adalah proses perubahan kondisiperekonomian suatu negara secara berkesinambungan menuju keadaan yang lebih baik selama periode tertentu. Pertumbuhan ekonomi dapat diartikan juga sebagai proses kenaikan kapasitas produksi suatu perekonomian yang diwujudkan dalam bentuk kenaikan pendapatan nasional.
§               Pemerataan pembangunan adalah Todaro (1985) mengutip dua pendapat dari dua orang tokoh yang berbeda latar belakangnya, namun apa yang mereka kemukakan mempunyai kemiripan yang mendasar, dan tampak bahwa kenyataannya banyak berlaku di beberapa bagian negara kita dewasa ini. Kedua tokoh tersebut adalah Adam Smith, seorang ekonom dan Pope John Paul II seorang negarawan dari Brazil. Adam Smith mengemukakan bahwa tidak ada masyarakat yang dapat maju dan berbahagia di tengah-tengah sebagian besar penduduknya yang berada dalam keadaan miskin yang menyedihkan. Sedangkan Pope John Paul II menyatakan bahwa sebuah masyarakat yang tidak adil secara sosial dan tidak bermaksud untuk memperbaikinya, masa depannya berada dalam keadaan bahaya.
§              Garis kemiskinan adalah Garis kemiskinan makanan yang dimaksud adalah pengeluaran konsumsi per kapita per bulan yang setara dengan 2.100 kalori per kapita per hari. Sedangkan garis kemiskinan non makanan adalah besarnya rupiah untuk memenuhi kebutuhan non makanan seperti perumahan, kesehatan, pendidikan, angkutan, pakaian dan barang atau jasa lainnya. Komponen garis kemiskinan makanan adalah nilai rupiah yang dikeluarkan untuk memenuhi 52 komoditi makanan terpilih hasil Susenas modul konsumsi. Sedangkan garis kemiskinan non makanan adalah nilai rupiah dari 27 sub kelompok pengeluaran yang terdiri atas Determinan kemiskinan
§               Pendapatan nasional adalah salah satu tolak ukur yang dapat digunakan untuk menilai kondisi perekonomian suatu Negara  dan jumlah pendapatan yang diterima oleh factor produksi yang digunakan untuk memproduksi barang dan jasa dalam suatu tahun tertentu.


Sumber :






Waktu search:

Minggu, 13 Maret 2016

Tidak ada komentar:

Posting Komentar